6 Tips Mempersiapkan Dana Liburan Akhir Tahun

PPKM yang terus diperpanjang oleh pemerintah tentu membuat sebagian besar orang merasa jenuh dan juga merasa bosan. Tidak perlu khawatir, Anda masih memiliki 4 bulan sebelum akhir tahun untuk mempersiapkan liburan akhir tahun yang menyenangkan.

Bagi pekerja kantoran seperti saya, akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk menghabiskan jatah cuti yang diberikan oleh kantor. Sehingga rencana dan persiapan liburan dilakukan jauh sebelum akhir tahun datang. Saya akan berbagi tips bagaimana mempersiapkan dana untuk liburan akhir tahun tanpa menguras keuangan Anda.

6 Tips Penting Persiapkan Dana Liburan Akhir Tahun

Akhir tahun tidak hanya merupakan momen untuk menghabiskan jatah cuti bagi pekerja kantoran. Namun akhir tahun juga menjadi waktu liburan terbaik karena adanya libur nasional hari raya natal bagi umat Kristen dan tahun baru. Berikut ini beberapa tips dari saya untuk mempersiapkan dana liburan akhir tahun Anda:

  1. Tentukan destinasi yang sesuai budget

Perlu diingat bahwa tujuan dari liburan adalah untuk menyenangkan diri, mengisi tenaga dan semangat baru, serta mengurangi beban stres yang telah menumpuk selama satu tahun. Jadi pilihlah destinasi liburan yang tidak akan membuat keuangan Anda menjadi bangkrut.

Agendakan rencana liburan akhir tahun ke tempat yang sesuai dengan kondisi dan tanpa memberatkan keuangan Anda. Meskipun Anda hanya mampu membiayai liburan di dalam negeri, tidak menjadi masalah asal Anda tetap menikmati waktu liburan Anda.

  1. Pisahkan uang tabungan dan uang kebutuhan harian

Jika Anda termasuk orang yang boros, sebaiknya Anda memiliki minimal 2 rekening bank untuk menyimpan uang. Satu rekening untuk tabungan liburan yang tidak boleh Anda ambil sampai waktu liburan tiba, dan satu rekening lainnya untuk keperluan dan kebutuhan hidup Anda seperti berbelanja, membayar tagihan, dan lain-lain.

  1. Pekerja kantoran? Carilah project tambahan untuk menambah budget liburan

Keuntungan menjadi pekerja kantoran adalah mendapatkan gaji setiap bulan, namun tentu saja ada kekurangan lainnya. Bagi pekerja kantoran, salah satu cara untuk meningkatkan gaji adalah dengan memperbanyak lembur. Namun kesehatan adalah hal yang penting untuk mempersiapkan diri menjelang liburan.

Anda tidak perlu lembur setiap hari, namun cobalah untuk mencari project tambahan disaat pekerjaan pokok Anda telah selesai untuk mendapatkan tambahan dana atau bonus gaji.

  1. Bagi seorang blogger, Google Adsense dapat menjadi tambahan dana

Apakah Anda memiliki blog atau website dan menyukai traveling? Jika iya Anda bisa menjadi seorang blogger. Seorang blogger bisa mendapatkan pasif income atau biaya tambahan melalui Google Adsense. Pengalaman saya menjadi blogger, Google Adsense akan memberikan Anda uang dollar pada setiap iklan yang muncul di website saya.

Meskipun penghasilan dari Google Adsense tidak banyak, namun tetap dapat menjadi tambahan untuk budget liburan Anda di akhir tahun.

  1. Buat open trip, jadi tour leader dadakan plus liburan gratis

Pernahkah Anda berpikir untuk membuka open trip? Saya akan beritahu tips selanjutnya yaitu membuka open trip dan menjadi seorang tour leader. Tour leader adalah orang yang bertanggung jawab untuk memimpin dan memandu kelompok orang yang sedang berlibur.

Sabtu Minggu adalah waktu yang tepat bagi seorang pekerja untuk beristirahat, namun jika terus beristirahat Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk menambah dana liburan Anda. Manfaatkan waktu libur kerja Anda untuk menjadi pekerjaan tambahan seperti menjadi tour leader dan membuka open trip.

  1. Singkirkan dulu budget oleh-oleh

Pengeluaran terbesar dalam liburan bukan berasal dari transportasi maupun akomodasi, melainkan dari oleh-oleh. Anda tentu akan berpikir untuk membeli oleh-oleh dalam jumlah besar sehingga dapat diberikan kepada teman atau kerabat.

Jika Anda ingin menyimpan dana liburan dan mengamankan keuangan Anda, maka Anda perlu menyingkirkan budget untuk membeli oleh-oleh. Nikmati saja waktu liburan Anda sendiri tanpa memikirkan oleh-oleh untuk orang lain.

Demikianlah beberapa tips liburan dari saya untuk mengamankan dana liburan di akhir tahun. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat untuk Anda dalam mempersiapkan liburan yang menyenangkan di akhir tahun.