Kenapa Pinjaman Online Lebih Banyak Yang Suka?

Sekarang di Indonesia sudah ada dua jenis pinjaman dana, pertama adalah pinjaman online dan yang kedua adalah pinjaman offline. Masyarakat Indonesia lebih suka pinjaman online dari pada offline, alasannya karena pinjaman yang online ini lebih sering meminjamkan dana dari pada pinjaman offline. Jadi setiap kali memakai jasa gestun pasti bisa langsung dapat dana segar.

5 Perbedaan Pinjaman Online Dan Offline

Perbedaan pinjaman online juga pinjaman offline itu banyak sekali meskipun sama-sama meminjamkan dana kepada masyarakat. Perbedaan itulah yang membuat jumlah peminjam berbeda, untuk tahu apa perbedaan yang mencolok dari kedua jenis pinjaman tersebut bacalah penjelasan berikut ini.

  • Sistem Peminjaman Dana

Salah satu yang menjadi pembeda antara pinjaman online juga offline adalah peminjaman dananya, kalau online peminjaman dana lebih mudah dilakukan karena semuanya dilakukan secara online. Jadi peminjam dan pihak yang memberikan pinjam tidak perlu bertatap muka, dengan begini peminjam tidak susah harus pergi ke tempat peminjaman dana. Kalau yang offline seperti di bank lebih ribet karena peminjam harus ke bank dan harus mengantri baru bisa mengajukan pinjaman. Pinjaman bank juga belum tentu disetujui jadi kadang percuma antri lama-lama karena tidak ada hasilnya.

  • Jumlah Pinjaman

Perbedaan kedua adalah jumlah uang yang dapat dipinjam nasabah, untuk yang ini lebih bagus yang pinjaman offline karena Bank biasanya memberikan pinjaman dana yang besar nominalnya. Tetapi untuk mendapatkan pinjaman dana tersebut harus ada jaminannya seperti rumah atau tanah. Untuk yang online tidak banyak, batas maksimal dana yang bisa dipinjam pada pinjaman online ini hanya 5 juta saja. Meskipun dananya kecil tetap membantu masyarakat karena pasti akan dapat dana tersebut kalau mengajukan pinjaman online.

  • Kecepatan Pencairan Dana

Proses pencairan dana di pinjaman online dan offline jelas berbeda sekali, kalau yang lebih cepat jelas yang online. Kalau pinjamnya online menggunakan jasa gestun pasti cepat sekali, peminjam tidak perlu menunggu sampai berhari-hari cukup satu hari saja dana akan cair. Kalau pinjam di Bank jelas tidak secepat itu karena ada banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi peminjam dulu, setelah persyaratan penuhi harus menjalani survei juga. Setelah itu selesai semuanya peminjam perlu menunggu dulu apakah disetujui atau tidak pinjaman dananya, kalau disetujui barulah dana akan cair.

  • Jumlah Bunga

Bunga pinjaman yang ditawarkan pinjaman offline dan online juga berbeda jumlahnya, untuk yang paling sedikit bunganya adalah pinjaman offline. Kalau meminjam offline biasanya bunganya ringan sekali makanya setiap membayar pinjaman tidak terlalu berat karena angsurannya tidak terlalu banyak. Bunga kecil ini tidak membuat bank rugi karena nasabah bank ada banyak makanya berani memberikan penawaran seperti itu. Kalau offline bunganya besar karena dana yang dipinjamkan itu masih sedikit, meskipun besar bunganya masih tetap menjadi pilihan terbaik kalau butuh dana cepat. Jadi kalau butuh dana cepat bisa pinjam online saja tetapi harus siap dengan bunga yang besar.

  • BI Checking

Perbedaan inilah yang membuat banyak masyarakat lebih memilih pinjaman online sebab tanpa adanya BI Checking pasti pengajuan pinjaman akan langsung disetujui. Jadi untuk masyarakat yang sudah punya catatan kredit jelek bisa pinjam online saja sebab kalau meminjam di Bank pasti tidak akan bisa. Bank memang selalu melakukan BI checking dulu sebelum menyetujui pinjaman, kalau memang peminjam pernah meminjam dana dan ternyata selalu telat membayarnya pasti tidak lolos BI checking. Jadi yang harus pinjam di bank benar-benar bersih dari pinjaman bermasalah.

Kendala Saat Meminjam Dana Di Pinjaman Online

Meminjam dana di pinjol atau pinjaman online memang mudah, tetapi ada juga kendala yang dihadapi peminjam. Salah satu kendalanya adalah tidak bisa mendapatkan pinjaman dana yang besar. Memang semua pinjaman online hanya memberikan pinjaman yang cukup sedikit jumlahnya karena meminjamkan dana besar resikonya terlalu besar. Agar bisa mendapatkan dana lebih banyak dari pinjaman ini maka jangan hanya meminjam di satu tempat saja tetapi bisa pinjam dibanyak pinjaman online. Agar tidak repot melakukan itu semua bisa pakai jasa gestun.