Pengalaman Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta Pertama Kali

Munculnya Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta tentu menjadi kabar gembira bagi mereka yang sering bolak balik ke bandara baik itu untuk urusan pekerjaan maupun sekedar untuk urusan pribadi. Sebab para penumpang pesawat tidak perlu lagi khawatir terkena macet untuk sampai di bandara.

Saya sendiri baru pertama kali mencoba menaiki kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta dan mendapatkan pengalaman yang menarik untuk dibagikan kepada pembaca. Yuk simak pengalaman saya pertama kali naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta berikut ini.

Seputar Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Kereta api bandara adalah moda transportasi terbaru yang melayani rute Jakarta Kota ke Bandara Soekarno-Hatta. Stasiun kereta bandara di pusat Kota Jakarta terletak di Stasiun BNI City tepatnya di daerah Sudirman.

Lokasi stasiun yang sangat strategis ini memudahkan saya untuk dapat pergi ke bandara tanpa takut tertinggal pesawat akibat macet. Jika kamu dari luar daerah, kamu bisa menggunakan KRL dan turun di Stasiun Sudirman atau Stasiun BNI atas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan MRT dan kemudian turun di Stasiun MRT Sudirman.

Harga Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Harga tiket yang saya keluarkan ketika menggunakan kereta api bandara dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Stasiun BNI City adalah Rp 70.000. Namun harga tiket untuk tujuan lain saya masih kurang tahu, mungkin Anda bisa mengunjungi website resmi pengelola kereta bandara untuk mengecek harga tiket yang saat ini berlaku.

Stasiun Pemberhentian Kereta Bandara

Stasiun-stasiun yang menjadi stasiun pemberhentian Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta yaitu Stasiun Duri, Stasiun Sudirman baru atau Stasiun BNI City, dan juga Stasiun Transit Manggarai. Jadi, Anda bisa naik atau turun di stasiun-stasiun pemberhentian yang telah disebutkan barusan.

Cara Pergi Ke Stasiun Kereta Bandara di BNI City

Jika Anda sedang menuju ke arah Bandara Soekarno-Hatta, maka Anda dapat pergi ke stasiun-stasiun pemberhentian seperti Stasiun Sudirman, Stasiun Manggarai, Stasiun duri, atau Stasiun Batu Ceper. Namun Anda juga bisa menggunakan MRT dan berhenti di Stasiun Sudirman untuk sampai di Stasiun BNI City.

Sementara untuk rute menuju Jakarta Kota, Anda dapat turun di Stasiun BNI City dan melanjutkan perjalanan menggunakan Busway atau transportasi online menuju Jakarta Kota.

Perlu Anda ketahui bahwa stasiun kereta yang terletak di Bandara Soekarno-Hatta ini letaknya terpisah dari terminal 1, 2, dan 3. Sehingga jika kamu memiliki jadwal penerbangan sebaiknya tidak datang terlalu mepet ya.

Tapi Anda juga tidak perlu terlalu tergesa-gesa dan khawatir, karena bandara juga menyediakan transportasi yang menghubungkan antar terminal agar Anda bisa tepat waktu melakukan boarding pass.

Cara Membeli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Anda pasti penasaran bukan bagaimana cara membeli tiket Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta yang dapat dilakukan dalam 3 cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Gunakan vending machine ticket yang tersedia di stasiun-stasiun KA Bandara

Vending machine ticket bisa Anda temukan di semua stasiun pemberhentian KA Bandara sehingga Anda bisa melakukan pembelian secara go show. Anda bisa melakukan pembayaran melalui berbagai metode seperti kartu debit/kredit, virtual money, e-money atau uang tunai.

  1. Aplikasi ponsel khusus yang bernama Railink

Cara kedua untuk membeli tiket kereta bandara adalah dengan mengunduh aplikasi kereta yaitu Railink melalui Playstore maupun Appstore. Di aplikasi Railink ini Anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta secara online, memilih jadwal dan memilih stasiun pemberangkatan.

Aplikasi Railink sangat mudah digunakan dan cukup praktis untuk mendapatkan tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta tanpa perlu antre.

  1. Melakukan pemesanan di website resmi Railink

Cara terakhir adalah dengan melakukan pemesanan melalui website resmi dari Railink. Anda bisa melakukan pemesanan online melalui website jika Anda tidak sempat untuk mengunduh aplikasinya. Cara pemesanan melalui website juga cukup mudah dan menerima berbagai metode pembayaran yang bisa Anda pilih.

Urutan Membeli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Vending Machine

Jika Anda belum terbiasa dengan vending machine ticket, Anda dapat mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini :

  1. Pilihlah jadwal Kereta Bandara Soekarno Hatta sesuai dengan jadwal keberangkatan Anda
  2. Pilih opsi menu Ticketing lalu pilih Buy Ticket
  3. Pilih jenis tiket yang tersedia. Anda bisa memilih Reguler untuk keberangkatan langsung di hari yang sama, atau pilih Reserve Seat untuk keberangkatan di waktu yang akan datang sesuai jadwal penerbangan
  4. Pilihlah stasiun tujuan
  5. Pilihlah jadwal keberangkatan, pastikan kursi kereta bandara masih tersedia
  6. Klik Booking, lalu isilah nomor handphone Anda.
  7. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih. Anda dapat memilih menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Untuk pembayaran dengan metode kartu kredit, pilih Prepaid Card. Lalu untuk pembayaran dengan e-money Anda bisa memilih pembayaran dengan Voucher
  8. Anda perlu menempelkan kartu e-money pada reader card yang tersedia di vending machine ticket. Atau melakukan pembayaran kartu debit/kredit dengan menggesekkan kartu di mesin EDC yang tersedia
  9. Jika pembayaran Anda telah berhasil dilakukan, maka mesin akan mencetak tiket kereta Anda

Nah, demikianlah pengalaman saya menaiki kereta bandara untuk pertama kali. Apakah Anda penasaran bagaimana rasanya menaiki Kereta Bandara Soekarno-Hatta ini? Rasanya sangat menyenangkan dan nyaman.

Anda bisa langsung sampai ke bandara tanpa perlu lagi khawatir terjebak kemacetan dan tertinggal pesawat. Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang mencari transportasi cepat menuju Bandara Soekarno-Hatta.