Yuk Jelajahi Keindahan Wisata di Bau Bau

Pernahkah Anda mengunjungi atau merencanakan liburan ke Bau Bau? Bau Bau adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara tepatnya berada di Pulau Buton. Kota Bau Bau ini juga memiliki keindahan panorama alam yang sayang untuk dilewatkan.

Daftar Tempat Wisata di Bau Bau

Jika Anda memiliki rencana liburan ke Sulawesi, tidak ada salahnya untuk mampir ke Kota Bau Bau di Pulau Buton dan mengunjungi berbagai tempat wisata alam yang menakjubkan. Berikut ini daftar tempat wisata alam di Bau Bau yang terkenal dan wajib dikunjungi:

  1. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana adalah tempat wisata pertama yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengunjungi Kota Bau Bau. Pantai Nirwana terletak di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari dengan akses masuk yang mudah untuk dilalui.

Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan laut yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Selain itu, ombak di Pantai Nirwana termasuk tenang sehingga cocok untuk berenang atau bermain air sampai puas.

  1. Pantai Lakeba

Selain Pantai Nirwana, Pantai Lakeba juga memiliki pasir putih dengan air laut yang biru kehijauan. Pantai Lakeba terletak di Kabupaten Buton, dan merupakan destinasi wisata terbaik di Bau Bau. Anda juga bisa menikmati berbagai sarana dan fasilitas yang tersedia di Pantai Lakeba seperti jet sky, resort, parasaling, dan taman bermain anak.

  1. Pantai Kolagana

Jika Anda penyuka keindahan eksotis bawah laut, maka Anda wajib mengunjungi Pantai Kolagana yang terletak di Kota Bau Bau. Pantai ini memiliki pesona bawah laut yang dapat dinikmati dan dilihat dari permukaan karena airnya yang sangat jernih.

Anda dapat melihat terumbu karang, lobster, ikan pelagis, kerang, dan lain sebagainya di Pantai Kolagana. Jika Anda ingin menyelam, Pantai Kolagana juga memberikan fasilitas yang mendukung untuk melakukan kegiatan menyelam seperti pakaian selam, pemandu, dan juga paket hemat yang dapat Anda pilih.

  1. Pantai Kamali

Pantai Kamali adalah salah satu pantai yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan di Kota Bau Bau. Pantai ini terdapat maskot Kota Bau Bau yang dibentuk pada tahun 2007 berupa patung Kepala Naga. Patung tersebut merupakan simbol dari kekuatan, kegigihan, dan kejayaan dari Kerajaan Buton yang dianggap memiliki kecerdasan yang serupa Naga.

  1. Pantai Sula

Salah satu tempat wisata menarik di Bau Bau ialah Pantai Sula, keindahan panorama birunya laut berpadu sempurna dengan pasir putih terdapat di pantai ini. Anda bisa menikmati waktu yang indah dan tenang bersama kerabat di Pantai Sula, sebab pantai ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Sula sangat tenang sehingga cocok untuk melakukan berbagai kegiatan seperti berkemah, piknik, snorkling, hingga memancing.

  1. Banteng Keraton Buton

Jika Anda menyukai wisata sejarah, maka Anda perlu mengunjungi Banteng Keraton Buton. Banteng Keraton Buton adalah sisa-sisa ibukota Kerajaan Buton yang memiliki bentuk arsitektur yang unik. Banteng ini terbuat dari batu kapir yang berbentuk lingkaran dengan luas panjang keliling mencapai 2.740 meter.

Banteng Keraton Buton juga sempat mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) pada tahun 2006, serta masuk dalam kategori banteng terluas di dunia dan tercatat dalam Guinnes Book Record.

  1. Masjid Quba

Tempat wisata sejarah lainnya yaitu Masjid Quba yang tidak seperti masjid pada umumnya. Masjid ini terlihat seperti bangunan rumah biasa namun ternyata Masjid Quba merupakan masjid tertua di Bau Bau karena telah berdiri sejak tahun 1826, tepatnya pada waktu Sultan Muhammad Idrus Kaimudding masih berkuasa.

  1. Pemandian Alam Bungi

Tempat wisata alam di Bau Bau selanjutnya adalah Pemandian Alam Bungi yang terletak tidak jauh dari Kota Bau Bau. Sebenarnya Pemandian Alam Bungi merupakan tempat umum yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beraktivitas seperti mencuci dan mandi.

Keunikan dari tempat Pemandian Alam Bungi adalah airnya yang jernih dan segar sehingga menarik tetangga desa lainnya dan para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan tempat Pemandian Alam Bungi ini.

  1. Cagar Alam Wakonti

Pernahkah Anda melihat pohon loreng? Pohon yang memiliki corak persis seperti corak pada seragam tentara. Jika Anda belum pernah melihat pohon loreng, Anda dapat menemukan pohon tersebut di Cagar Alam Wakonti.

Cagar alam ini hanya berjarak 6 km dari Kota Bau Bau yang memiliki berbagai macam tumbuh-tumbuhan langka seperti anggrek liar, kaktus kera, serta hewan-hewan langka yang dilindungi.

Demikianlah beberapa daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika ingin berlibur ke Kota Bau Bau. Jangan lupa siapkan dana liburan yang cukup karena Anda tidak akan cukup untuk mengunjungi satu tempat wisata saja di Kota Bau Bau ini.